Tips

November 5, 2018

Membuat Anak Berani Tidur Sendiri

Tags: , , ,

Rumah dan kamar tidur merupakan area penting bagi anak-anak. Bagi si kecil, rumah dan kamar tidur merupakan tempat di mana ia bisa merasa nyaman dan mendapatkan ketenangan. Karena itu, penting untuk mendekorasi kamar anak agar merasa nyaman. Mendesain kamar anak tentunya penuh dengan berbagai tantangan dan pertimbangan. Mungkin pada awalnya anak anda tidak mau untuk tidur sendiri, namun kita dapat membuat anak kita menjadi tertarik untuk tidur di dalam kamarnya sendiri. Berikut adalah tips mendesain kamar untuk anak :

 

  1. Pencahayaan dalam kamar

Anak tentunya akan banyak menghabiskan kegiatan mereka di dalam kamar. Sebagai suatu tempat yang nyaman untuk anak, kita harus memperhatikan kesehatan mata buah hati dan juga kenyamanan anak. Cahaya alami dari jendela ataupun cahaya buatan dari lampu harus memadai baik pada pagi hari ataupun malam hari. Pencahayaan yang buruk tidak hanya membuat kesehatan mata anak memburuk namun juga memberikan kesan ruang yang menyeramkan sehingga anak menjadi takut berada di dalam kamarnya.

Sumber foto : https://freshome.com/kids-room-ideas/

 

  1. Layout ruang dan tata letak perabotan

Selain memilih perabotan, meletakkan perabotan dan mendesain layout kamar anak juga penting. Letakkan perabot atau peralatan yang penting dan utama di area yang mudah dijangkau dalam ruangan. Sedangkan barang yang tidak terlalu digunakan bisa dijadikan di satu tempat tersendiri atau tidak ditata di ruangan anak. Hal ini dilakukan agar perabotan tidak membatasi ruang gerak anak, sehingga anak-anak dapat lebih berekspresif di kamarnya sendiri. Adapun meletakkan meja belajar di dekat jendela agar pencahayaan saat belajar dapat terpenuhi.

Take me to the Sea by Spasium feat. Karima Hamdi

Sumber foto : https://freshome.com/kids-room-ideas/

 

  1. Pemilihan warna

Pemilihan warna pada kamar tentu akan menjadi hal penting, karena akan mendukung situasi dalam ruangan. Pemilihan warna yang terang seperti hijau, biru, oranye, kuning tentu akan terlihat lebih fresh dan juga menyenangkan. Namun tak masalah juga jika Anda ingin menggunakan warna netral seperti hitam, putih, abu-abu. Terpenting warna kamar ini dapat selaras dengan tema ruang yang ada. Selain itu juga memberikan kesan yang modern pada kamar anak.

Rotation by Spasium feat. Atmos

 

  1. Tentukan tema khusus

Sesuaikan konsep desain kamar anak dengan tema tertentu atau kepribadian mereka. Terutama jika anak anda masih berusia di bawah 17 tahun, biasanya anak-anak akan lebih merasa nyaman jika berada di dalam ruangan yang memiliki tema yang menarik. Contohnya seperti foto dibawah ini :

  • Contoh tema kamar anak untuk perempuan

Sumber foto : http://www.dirumahku.com/16-desain-kamar-tidur-anak-tema-frozen.html

Anda dapat memberikan tema yang sedang digemari anak-anak anda seperti Frozen. Sehingga anak anda akan merasa betah dan nyaman berada di dalam ruangan kamar tidurnya.

  • Contoh tema kamar anak untuk laki-laki :

Sumber foto : https://www.dekoruma.com/artikel/61118/jenis-desain-kamar-anak

Untuk anak laki-laki anda dapat memberikan desain mobil-mobilan, sehingga anak lelaki anda merasa senang dan nyaman berada di dalam kamar tidurnya dan tidak merasa bosan. Dengan adanya bentuk mainan yang ia sukai, tentunya akan membuat anak anda merasa bahagia.

Itulah beberapa tips dalam mendesain kamar anak. Mendesain kamar anak dan mengembangkan kreatifitas serta bakatnya akan sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Tips-tips di atas dapat kalian aplikasikan dan kembangkan untuk ruangan kamar tidur si kecil.

 

Sumber :

http://furnizing.com/article/tips-mendekor-ruang-anak

https://www.liputan6.com/properti/read/3146304/5-tips-dekorasi-kamar-anak-agar-betah-di-rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *