Highlights

April 16, 2017

Tradisi Unik saat Paskah

Tags: , , ,

Cover image via: https://www.happy-easter-images.com

 

Pada hari Minggu 16 April 2016, umat Kristiani akan merayakan hari raya Paskah. Umat Kristiani mengenang minggu terakhir yang dihabiskan oleh Yesus, mulai dari wafat pada hari Jumat hingga kebangkitanNya pada hari Minggu.

Meski demikian, tentu saja Paskah tidak hanya identik dengan merayakannya di dalam Gereja. Ada banyak masyarakat yang turut merayakan Paskah dengan berbagi kebahagiaan dengan umat lainnya.

Paskah tidak selalu dirayakan di dalam gereja dengan cara berdoa dan beribadah. Di beberapa negara memiliki tradisi unik dalam merayakan hari Raya Paskah. Berikut merupakan beberapa tradisi yang dilakukan dalam memperingati hari raya Paskah:

  1. Pancake Run di Britania Raya

Tradisi di negara ini dirayakan tidak tepat pada hari raya Paskah tetapi beberapa hari sebelumnya yaitu hari Selasa yang biasa disebut dengan Shrove Tuesday. Mengikuti legenda yang sudah ada sejak tahun 1445, pada hari tersebut banyak orang membuat penekuk. Alkisah, ada seorang perempuan masih saja membuat penekuk padahal lonceng gereja sudah berbunyi memanggil umatnya. Tidak ingin telat beribadah, wanita itu malah memutuskan untuk membawa serta wajan dan penekuknya ke gereja.

Orang-orang Inggris, khususnya di Olney, Buckinghamshire, mengenang wanita tersebut dengan melakukan lomba lari. Bukan lomba lari biasa, mereka lari dengan dengan penekuk dan wajan, lengkap juga dengan celemek dan topi memasak.

Di garis start, peserta harus melempar dan menangkap kembali penekuk di wajannya dengan sempurna. Begitu juga saat mencapai garis finish, mereka harus membuktikan bahwa panekuk mereka tidak jatuh saat berlari.

  1. Mardi Gras di New Orleans

Mardi Gras adalah padanan bahasa Perancis untuk Shrove Tuesday atau Fat Tuesday. Perayaan ini mirip dengan perayaan di Buckinghamshire sebelumnya. Bedanya adalah pengemasannya.

Jika di Olney masyarakat melakukan pancake run, di New Orleans orang-orang mengenakan kostum dan topeng. Mereka menari, melakukan kompetisi olah raga, parade, dan kegiatan lain yang seru.

Shrove Tuesday maupun Mardi Gras diadakan pada hari Selasa, sehari sebelum peringatan Rabu Abu.

  1. Mendekorasi Telur Paskah di Eropa Tengah dan Eropa Timur

Tradisi yang dilakukan oleh umat Kristiani di Eropa Tengah dan Eropa Timur ini merupakan salah satu tradisi yang sangat popular. Hampir setiap negara melakukan hal ini sekarang, yaitu tradisi mendekorasi telur paskah. Dipercaya, tradisi ini sudah ada sejak abad ke-13, meskipun memang tidak akan kita temukan dalam Alkitab sih.

Kegiatan menghias telur ini sering diasosiasikan dengan tradisi orang Pagan untuk merayakan kelahiran baru saat musim semi . Meski demikian, umat Kristiani punya penjelasan sendiri tentang hal ini. Konon menurut kepercayaan, telur-telur ini akan dihias pada masa 40 hari puasa untuk kemudian dinikmati saat Paskah tiba.

  1. Telur-telur Paskah di Swiss Diantarkan oleh Burung Kukuk

Saat Minggu Paskah tiba, warga Swiss mengadakan perburuan telur besar-besaran. Yang membuat perburuan ini berbeda adalah adanya kepercayaan bahwa burung-burung kukuklah yang membawa telur-telur Paskah. Bagi masyarakat Swiss, telur paskah, burung kukuk, dan keranjang merupakan simbol perlindungan, keberuntungan, dan harapan.

Ada pula tradisi unik Paskah di Swiss yang disebut Zwanzgerle. Anak-anak akan menantang orang dewasa untuk menghancurkan telur paskah dengan koin. Jika si orang dewasa gagal, koin-koin itu akan menjadi hak milik si anak!

  1. Little Easter di Italia

Perayaan Paskah di Italia mungkin tidak seramai di Amerika Serikat. Namun bagi warga Italia, Paskah merupakan acara yang sangat sakral. Mereka melakukan banyak sekali rangkaian acara, salah satunya adalah pagelaran drama Paskah di berbagai kota dan desa.

Selain itu, di salah satu kota bernama Tredozio, orang-orang melakukan balap telur yang mereka sebut palio dell’uovo. Ada banyak perlombaan yang melibatkan telur, misalnya balapan mencari telur dalam jerami dan lomba melempar telur. Sedangkan di Barano d’Ischia, orang-orang menari untuk merayakan Paskah.

Saat Paskah, berbagai makanan tradisional pun dihidangkan, tetapi telur dan domba bakar adalah makanan yang paling umum dinikmati. Di Italia, coklat bukan menjadi hadiah Paskah yang umum. Mereka biasanya memberikan telur untuk orang terkasih.

 

Nah mungkin kalian bisa membuat tradisi paskah sendiri dengan cara memberikan kado untuk orang tersayang berupa artwork?

Berikut beberapa inspirasi artwork yang bisa kamu berikan sebagai kado paskah kepada orang-orang tersayang.

Assassin ‘s Creed by Spasium feat. Ryerson Anselmo

 

Cathedral by Spasium feat. THE SPACE

Eggy Azalea by Spasium feat. The Taable

Peace of Mind by Spasium feat. Romo Jack

The Baronial by Spasium feat. Joshua Nafi

Apakah kamu juga punya tradisi Paskah unik di keluarga atau budayamu?

 

Ditulis oleh: SPASIUM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *