Artist

January 27, 2017

Sanchia Hamidjaja – Berkarya itu ada tujuan . . .

Tags: , , ,

Sanchia Hamidjaja – Berkarya itu ada tujuan personal, mendengar dan mengkomunikasikan sebuah cerita

Wanita cantik bernama lengkap Sanchia Hamidjaja ini adalah seorang visual artist / ilustrator yang tinggal di Jakarta. Lulus dari jurusan Design Communication, Swinburne Institute of Technology di Melbourne, Australia (2004) ini mengawali karirnya di bidang periklanan Jakarta selama 8 tahun. Sejak tahun 2010 ia memutuskan untuk menjadi seniman dan illustrator lepas.

Dalam berkarya, Sanchia sangat terinspirasi dari  komik, kartun dan dialog dari kehidupan sehari-hari, dimana bentuk karyanya banyak berupa drawing dan mural. Pameran tunggalnya yang pertama kali berjudul The Yin & Yang Dogs diadakan di Inkubator Gallery, dan sejak saat itu karyanya banyak dipamerkan di berbagai galeri, restoran, hotel, juga di ajang senirupa besar seperti Jakarta Biennale (2015), galeri di Singapura, Australia dan Korea.

Polluted Runner by Spasium feat. Sanchia Hamidjaja

Dalam berkarya, Sanchia banyak mendapatkan inspirasi dari observasi kehidupan sehari-hari, dialog dengan anaknya dan juga dengan orang-orang dekat di sekitarnya. Selain komik independen seperti milik Chris Ware dan Matt Groening, komik dan kartun-kartun dari koran adalah media yang sangat ia minati.

Salah satu pengalaman dia yang paling seru selama berkarir adalah ketika ia diminta membuat mural di Petamburan untuk acara Jakarta Bienale. Dikarenakan acara itu membutuhkan sosialisai, di situ Sanchia berkesempatan untuk mendekatkan diri dengan warga sekitar. “Ini pengalaman berharga buat saya, karena dalam berkarya ada tujuan personal, sekaligus mendengar dan mengkomunikasikan cerita yang saya dapatkan dari warga. Tembok itu adalah milik warga, outdoor. Dan mural itu kemudian sifatnya menjadi hidup karena mengikuti kondisi cuacanya, dan merespon sentuhan manusia-manusianya. Untuk pertama kalinya mural itu, benar2 bukan milik saya”, jelasnya.

Volcano Head by Spasium feat. Sanchia Hamidjaja

Lantas, suasana seperti apa yang paling mendukung Sanchia dalam berkarya? “Yang penting dingin, ada direct sunlight, banyak cemilan, dan ditemani kopi”, jawabnya. Lihat karya wall art / hiasan dinding Sanchia Hamidjaja di SPASIUM.

Salah satu karya di SPASIUM yang disukai Sanchia adalah karya dari The Taable yang berjudul “Elvis Parsley

 

Ditulis oleh : SPASIUM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *