Artist

January 23, 2017

Advan Matthew – Menyajikan tema feminim dengan cara berbeda

Tags: , , ,

Cover image via: Advan Matthew

Lahir pada tahun 1988, Advan Matthew memilik masa kecil yang sangat dekat dengan dunia musik. Masa-masa SMA-nya di Maine, USA sangat banyak dihabiskan dengan kegiatan musik seperti band jazz, orkestra, paduan suara, dan lain-lain. Namun ketika kuliah, ia mulai menemukan ketertarikan pada fotografi. Untuk mendalaminya, ia kuliah sambil bekerja sebagai fotografer polaroid di salah satu agensi model Australia, dan kembali ke Indonesia pada tahun 2010 untuk menekuni karir sebagai fotografer.

Fire to Your Pain by Spasium feat. Advan Matthew

Hingga saat ini, Advan telah banyak terlibat dan bekerjasama dengan berbagai majalah editorial ternama di antaranya Harper’s Bazaar, Grazia, Elle and Cosmopolitan. Salah satu karyanya pernah dipilih oleh Franca Sozzani dari Vogue Italia untuk dipamerkan di Bologna, Italia sebagai bagian dari pameran bersama L’Oreal Italia.

Karya-karyanya sangat didominasi oleh tema wanita / feminim, dan hal-hal yang bersifat masa lalu. Dengan kemampuannya, ia menyajikan tema-tema tersebut dengan berani, bahkan sangat berani. Karya dari Steven Meisel di Vogue Italia dan almarhum Deborah Tuberville merupakan salah satu sumber inspirasi di setiap karyanya Advan.

Tear in Your Hand by Spasium feat. Advan Matthew

 

Supaya maksimal berkarya, Advan sangat menyukai suasana klasik dengan lighting yang dramatis, bisa yang berasal dari jendela, lighting buatan, ataupun gabungan keduanya. Ada kalanya dia menggunakan pencahayaan maksimal, namun ada kalanya ia tidak menggunakan cahaya sama sekali, hanya mengandalkan lighting alami dari matahari. “Suasana senja di Australia pukul 7 di musim panas adalah suasana yang paling tak tergantikan”, jelasnya.

Karya wall art / hiasan dinding Advan Matthew dapat dilihat di SPASIUM.

Salah satu karya di SPASIUM yang disukainya adalah milik Monica Hapsari yang berjudul “Untitled 4

 

Ditulis oleh : SPASIUM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *